Perbedaan Karburator Racing & Tips Menentukan Karburator !

Assalamualaikum, brother.Udah lamagak nulis blog setelah persiapan mau UNAS sampai mau pengumuman baru sempet deh, doain lulus yah bro.Kali ini gw akan membahas Perbedaan Karburator Racing & Tips Memilih Karburator tentunya sinkron kebutuhan dong.

1. Pertama kita akan membahas Karburator Sejuta Umat yaitu PE Series bro, kenapa aku sebut Sejuta Umat ? Lantaran karburator ini termasuk paling ekonomis dan paling gampang disetting.Ukuran PE 24-38 yaitu PE 24, PE 28, PE 38. Bagi penyuka kecepatan, cocok buat harian maupun balap drag motor bebek 105-125cc maupun kelas skutik bore up hingga 200 cc lantaran kemampuannya buat direamer menjadi 31mm dan Sangat cocok buat yg menginginkan top speed & turing dalkot maupun lukot bro.Ciri-cinya:-skep dari berukuran 20-38 mm.-setelan stationer rona hitam(sudco)-setelan stationer kuning (NSR SP)-skep bundarberlapis krom-performa tarikan bawah & atas mengagumkan-untuk venturi 28 sanggup direamer hingga 31 mm-setting PJ MJ nya mudah-irit bahan bakar

Yang kedua adalah karbu PJ series, karbu ini cukup populer dikalangan penggemar motor dua tak karena karbu ini relatif memuaskan peformanya jika dipasang ke mesin 2 stroke ketimbang karbu PE dkk. Karburator ini telah terbukti kemampuannya karena skep model lonjong yg unik ini. Memiliki kemampuan buat membuat mesin memiliki respon jauh lebih cepat dari pada karburator standard ber-skep bundar . Keuntungannya merupakan percepatan lebih cepat & peningkatan performa mesin.PJ Oval 34mm slide ini sangat cocok buat ATV & Motocross.

Ciri-cirinya:-skep lonjong & berlapis krom-berukuran skep lebar mnambah tenaga pada Putaran rendah ke Putaran tengah.-mudah setting basah dan kontrol kecepatan-spare part pj mj gampang dicari.-tersedia berukuran venturi 34 mm-bensin boros walaupun sudah disetting irit sekalipun.

Diurutan ketiga terdapat Keihin PWK series. secara fisik karbu ini hampir seperti sama PJ series bro terutama tutup skepnya yang bulat hitam itu. Tetapi si PWK ini punya skep berbentuk semi-flat alias berbentuk D. Karburator yang akan menghasilkan energi tanpa kompromi. Ukuran Karbu PWK 28-41 yaitu PWK 28 biasa, PWK 28 sudco, PWK 35 air stiker (sudco) & PWK 41 pro series, tipe ini paling khas lantaran buat tarikan bawah & atas setting karbu mudah didapat. Tapi untuk main-jetnya tidak sama, dimensi lebih panjang.

Ciri-cirinya:-performa rupawan di putaran bawah keatas-walaupun telah disetting ngirit ,karbu ini tetep boros,atau ga sanggup ngirit-skep semi flat bentuk skep (D)menggunakan lapisan chrome-spare part mudah dicari-terdapat rangkaian quads vent untuk mengurangi tenaga drop ketika udara melewati venturi-cocok buat moto cross & road race

Karbu FCR ini bentuknya memang beda dari karbu dalam umumnya, soalnya ini karbu udah termasuk karburator yang penyetingannya perlu keahlian spesifik. Harganya pun juga tidak murah lebih kurang 5-6juta rupiah bro, jadi ya reviewnya masih sedikit.

FCR Downdraf dan FCR vertical yg tersedia 28 , 33, 35Karakteristik karbu FCRKarbu ini direkomendasikan buat road race,FCR Horisontal dipakai utk mesin tegak, FCR Downdraft digunakan buat mesin tidur.

Karbu Mikuni TM ini juga mirip2 sama karbu PWK punya Keihin, cuma karbu ini mengandalkan seni yaitu seni memainkan nosel yang diubahsuaikan sama kebutuhan mesin dan karbu ini mempunyai skep kotak. Tersedia menggunakan ukuran 24-39 (TM). Karakteristik karbu Mikuni TM. Karbu dengan skep kotak ini menaruh performa yg luar biasa dibandingkan dan skep yg bulat, ini dikarenakan udara yg masuk lebih lancar & lebih cepat.

Selain kita melihat jenis karburator yg karakternya bisa kita pilih, hal yg terpenting pada pemilihan karburator adalah perhitungan yang menentukan berukuran venturi karburator yg kita butuhkan

DimanaD = diameter venturi karburatorK = Konstanta (nillainya ada pada antara 0.6 – 0.9, buat motor harian disarankan 0.65)C = CC mesin pada literN = RPM puncakenergi yang pada inginkan

Sebuah motor Jupiter MX 135 cc baku, tapi ingin menambah RPM yang lebih panjang jadi 13200 RPM

D= K x √ (CxN)D= 0.65 x √ (0.135 x 13200)D= 0.65 x √ 1782D= 0.65 x 42.2137418D= 27,4389322

Karena susah buat mencari karburator menggunakan ukuran 27,44 maka menjadi Venturi PE 28

Sepeda motor Yamaha Vega ZR 115 cc pada bore up menjadi 150 cc menggunakan sebanyak RPM 9000

D= K x √ (CxN)D= 0.65 x √ (0.150 x 9000)D= 0.65 x √ 1200D= 0.65 x 36.74234D= 23.882521

Jadi karburator yang cocok buat Vega ini adalah karbu Keihin PE24/Mikuni TM24/PWK24 bro

Jadi menurut beberapa jenis karburator diatas maka kita bisa mengetahui bahwa meskipun karburator kecil bukanlah sebuah kasus, yang terpenting merupakan seting & pemilihannya yg pas sesuai dengan kebutuhan & spesifikasi mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *