Fungsi Lain Glasswool Knalpot Motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Busa peredam di knalpot atau tak jarang disebut glasswool, berfungsi buat meredam suara bising yg didapatkan agar suara knalpot terdengar lebih merdu.

Edi Nurmato alias Abenk, produsen knalpot aftermarket Abenk Muffler dari Bogor, Jawa Barat, menyampaikan, selain meredam bunyi, glasswool juga berpengaruh terhadap performa.

“Kalau buat di knalpot racing tujuannya buat peredam. Jadi beliau menahan suara yang tadinya ngeblar jadi empuk begitu,” kata Abenk panggilannya kepada Kompas.com, Rabu (26/1/2022).

Baca pula: Terbentur Standar Emisi, VW Kesulitan Bawa Produk Baru ke Indonesia

motorplus-online.com Glasswool knalpot sepeda motor

Masalah performa panjang pendek saringan gede minitabung, banyak atau sedikit itu memengaruhi performa. Saringan separuh, saringan penuh, atau pada tengah-tengah atau di pinggir berpengaruh,” ucapnya.

Karena itu, pungkasnya, pembagian terstruktur mengenai pada knalpot sangat banyak sekali.

“Jadi urusan saringan, misalkan atasnya (energi) kurang nih dikasih di tengah, & pada tengah dan di pinggir itu pula tidak sinkron performanya,” ungkap Abenk.

Mesti nir disebutkan rinci, istilah Abenk, glasswool juga punya imbas untuk menyaring partikel dursila.

“Ada ke arah emisi ada. Dia seperti katalis. Katalis itu mengurai bahan bakar yang dikeluarkan oleh mesin agar ramah lingkungan,” ujarnya.

Baca juga: Parkir Mobil Transmisi Matik di Tanjakan, Jangan Cuma Pakai Gigi P

Adapun soal performa, pemilik bengkel Tanjung Motor (TMR) Djoko Prayitno menyampaikan, mengganti knalpot menggunakan jenis racing tidak dan merta sanggup menciptakan motor pribadi mampu lebih kencang.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan supaya penggantian bisa sinkron ekspektasi. Biasanya, menggunakan penyesuaian dalam komponen lainnya, seperti melakukan pengaturan ulang dalam karburator.

“Benar bisa meningkatkan kecepatan, karena pembuangannya menjadi lebih lancar. Namun, baiknya jua dilakukan seting ulang karburatornya, diubahsuaikan lagi main jet dan pilot jetnya,” ungkapnya

Dapatkan update kabar pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu pada ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *