Kenapa AC Tidak Dingin? Ketahui Faktor serta Cara Mengatasi

AC Tidak Dingin? Kenali serta Ketahui Faktor dan Cara Mengatasi AC Tidak Dingin

AC tidak dingin bisa menjadi hambatan tersendiri pada kegiatan sehari-hari Anda, terlebih lagi apabila kegiatan Anda memerlukan aktivitas tubuh yang tinggi atau ada pada ruangan yang penuh atau banyak orang. Tak hanya itu, AC tidak dingin juga bisa menjadi kendala di ruangan dengan banyaknya alat elektronik yang dapat membuat alat-alat tersebut menjadi bertambah cepat panas.

Faktor AC tidak dingin bisa terjadi akibat sebagian faktor atau alasan. Di antaranya:

1. Filter Yang Kotor

AC terdiri dari macam – macam komponen yang membantu proses pendinginan serta kinerja pada keseluruhan dari AC. Salah satunya ialah filter. Komponen ini mempunyai kegunaan buat menyaring udara sebelum AC di keluarkan. Dengan kegunaan itu, filter AC kerap menjadi kotor akibat kotoran, debu, dan juga jamur.

Tumpukan kotoran serta debu tersebut bisa menghambat kinerja pendinginan pada AC. Buat mengatasi masalah tersebut, Anda dapat bisa membersihkan filter dengan membuka tutup filter di unit indoor di bagian atas, serta mengambil filter yang kotor atau berdebu. Sesudah itu, Anda bisa mencuci filter yang kotor dengan sabun deterjen.

2. Kekurangan Freon

Faktor kedua pada pendingin udara tidak dingin ialah AC yang kekurangan freon. Refrigerant atau freon adalah cairan yang dapat membuat udara AC menjadi lebih dingin. Freon yang kurang atau habis dapat terjadi dari adanya kebocoran pada pipa sirkulasi.

Kekurangan freon juga bisa membuat proses pendinginan AC menjadi terhambat serta pendingin ruangan cuma akan meniupkan angin tanpa hawa dingin. Anda bisa menambah freon ini dengan membutuhkan jasa layanan service AC, dengan pemberian freon yang menyesuaikan pada kebutuhan AC.

Kunjungi juga :

Service AC Di Wilayah Cilandak Yang Terpercaya Serta Murah

3. Ruangan dan PK AC Yang Tak Sesuai

Faktor ketiga yaitu PK AC yang tak sesuai dengan lebar dan kapasitas ruangan. AC mempunyai macam jenis PK yang bisa disesuaikan oleh penggunaannya dengan kapasitas ruangan dan daya beban listrik yang ada.

Bila ruangan terlalu luas tetapi Anda memakai AC dengan PK yang tergolong kecil, maka hal itu bisa menghambat proses pendinginan pada AC sehingga AC tidak dingin. Sebelum membeli AC, Anda bisa mengukur kapasitas kebutuhan PK AC dengan memakai rumus BTU/h.

Rumus tersebut bakal mengasih tahu Anda besaran PK yang cocok dengan ruangan Anda tanpa keluar rasa tidak dingin dari AC. Sementara itu, pemakaian AC yang pas bisa membuat daya listrik lebih terlindungi tanpa adanya kekurangan dan kelebihan, serta tak akan berdampak di alat elektronik lainnya.

4. Jendela dan Pintu Terbuka

Faktor terakhir ialah adanya hal yang membuat pendingin udara tidak dingin karena pintu dan jendela ruangan yang sering terbuka dan ditutup setiap saat. Hal tersebut bisa membuat hawa dingin di ruangan Anda keluar ke bagian lain ruangan serta menciptakan proses pendinginan AC jadi sia-sia.

Tak hanya itu, jendela dan pintu ruangan yang kerap dibuka bisa membuat AC kinerja lebih keras buat mendinginkan ruangan serta berdampak pada beban listrik yang menjadi besar. Jika Anda menginginkan ruangan yang dingin dan juga nyaman, upayakan tak terlalu sering membuka dan menutup pintu dan juga jendela ruangan Anda.